Learning of Life

Sabar menghadapi Cobaan Hidup

Problem – problem Cable Modem

  • Cable Modem Problem:

1. Lampu Modem Cable blingking:

– Restart modem cable.

– Cabut cable coaxial serta cable adaptor listrik selama 15 menit.

– Tekan tombol Reset di belakang modem cable selama 10 detik, kemudian restart modemnya.

– Pasang modem cable di TAP instalasi tembok rumah depan, jika lampu modem cable langsung normal maka problem ada di instalasi in House yang rusak, harus didatangkan teknisi kabelvision.

– Jika langkah – langka diatas sudah di lakukan maka seharusnya sudah online koneksi internetnya.

2. Lampu Power modem Cable blingking:

– Restart modem cable.

– Lihat lampu online/cable apakah menyala dengan normal, jika iya dapat dipastikan bahwa problem tersebut masalah di register modem cablenya. Silakan menginformasikan ke admin Indonet atau koordinator KV indonet supaya akan kami eskalasikan ke admin KV secepatnya.

– Coba pasang modem cable di TAP instalasi tembok rumah depan, jika tetap sama kondisinya lampu power modem cable blingking silakan menginformasikan ke admin indonet atau koordinator kv indonet supaya bisa di eskalasikan ke admin Kv secepatnya.

3. Lampu Send /Receive modem cable blingking:

– Restart modem cable.

– Tekan tombol reset dibelakang modem cable selama 10 detik kemudian coba reboot modem tersebut.

– jika merek modem Motorola SB51001i, minta customer untuk masuk ke web browser dan ketik default gateway : http://192.168.100.1. Kemudian masuk ke configuration masukkan frequencynya sesuai dengan area modem cable tersebut misalnya area ged.cyber freqnya : 537000000 Hz.

– jika lampu modem cable masih blingking send/recvnya maka sarankan customer untuk membawa modem ke indonet untuk dilakukan pengecekan modemnya selama 1 atau 2 hari.

4. Lampu PC activity atau 10/100 serta lampu USB mati :

– Restart modem cable.

– Ketik “Ipconfig” di command prompt, jika ip address disana adalah 192.168.xx.xx maka kemungkinan ada masalah dengan port modem/lemah. Apabila ip yang didapat ip : 10.3.xx.xx maka masalah ada di port modem/lemah yang tidak bisa resolved ip DHCPnya.

– jika semua hal tersebut sudah di coba , coba ganti adaptornya sesuai dengan spesifikasi ampere serta voltnya, apabila lampu Pc activity/ 10/100/USB sudah menyala dan mendapat ip DHCP maka problem ada di adaptor.

 

  • Blingking / Modem offline:

1. Hasil Cek TTS Modem offline:

– Restart modem cable.

– Minta Clear Cab Modem ke pihak kabelvision melalui TTS atau AOL(america Online) kemudian restart modem.

– Cabut cable Coaxial selama 15 menit kemudian pasang kembali cable coaxial serta kencangkan cable – cablenya.

– Setting Frequency Modem sesuai dengan lokasi modem berada kemudian save change serta reboot modem cable.

 

  • Ethernet Problem:

– Jika problem berasal dari ethernet card coba ganti dengan NIC yang lain atau mengganti menggunakan PC yang lain. Ketik “Ipconfig” di command prompt jika dapat ip DHCP dapat dipastikan bisa browsing seharusnya.

– Request Clear Host ke pihak kabelvision melalui TTS (Trouble Ticketing System) atau melalui AOL, jika sudah ada konfirmasi maka sarankan customer untuk restart PC atau hostnya.

– Install ulang Driver NICnya serta restat Pcnya kemudian coba cek melalui command Prompt ip address jika sudah dapat DHCPnya maka problem di driver NICnya yang sudah corrupt/error.

 

  • Usb Problem :

– Install Ulang driver USBnya dengan cara uninstall driver USBnya kemudian restart PC , apabila terdetek koneksi USB modem cable silakan install driver USBnya. Restart modem.

– Minta Clear Host ke pihak kabelvision melalui TTS atau AOL, kemudian restart modem cablenya.

  • Sarankan menggunakan Ethernet Port yang terdapat di modem, jika mendapat DHCP ip addressnya maka problem ada di USB portnya/lemah.

 

  • Tidak bisa browsing :

– langkah pertama ke command prompt ketik : “ipconfig” kemudian lihat ip addressnya dapat berapa, jika dapat ip: 192.168.xx.xx minta clear host ke pihak kabelvision melalui TTS atau AOL. Apabila clear host done, sarankan customer untuk ketik :”ipconfig/relase” kemudian dilanjutkan ketik :”ipconfig/renew”.

  • – apabila ip address sudah dapat DHCP, maka coba ping ke www.yahoo.com, jika replay berarti problem ada di browser atau settingan firewall windows yang memblok koneksi internetnya, coba untuk delete cookies atau menggunakan browser lainnya serta setting ulang firewallnya.

  • – jika tidak bisa di ping ke www.yahoo.com coba ping kesitus lokal situs lokal misalnya www.detik.com. Apabila ping situs lokal bisa tetapi ping situs internasional tidak bisa maka kemungkinan besar adalah di blok di sisi upstream (misal: indosat atau Xl). Informasikan ke NOC indonet untuk membantu membukakannya.

– Apabila topologinya dari Modem cable —>Router —> PC/Laptop maka sarankan untuk mencoba ke 1 pc tanpa melalui routernya kemudian minta clear host ke KV, jika sudah coba cek ke command prompt, jika sudah dapat IP address : 202.153.xx.xx maka problem kemungkinan ada di router, sarankan bawa ke vendor.

 

  • Sharing Problem :

– Jika masalah ada di PC server, mintakan clear host ke KV melalui TTS or AOL, cek ip address untuk NIC 1 ke modem jika dapat 202.153.xx.xx coba browsing jika mau tinggal setting NIC 2 ke arah Hub/Switch. Settingan untuk ke NIC 2 adalah : Ip address : 192.168.0.1, mask: 255.255.255.0, gateway: kosong. Cek Client ip address, jika belum di setting masukkan ip addressnya : 192.168.0.2, mask:255.255.255.0 gateway: 192.168.0.1.

– Coba untuk ping ke gatewaynya jika replay berarti ada comunication, jika belum bisa browsing masukkan DNS indonet, Primary Dns: 202.159.32.2 dan Secondary : 202.159.33.2, coba ping ke DNS, jika replay maka problem di settingan client yang belum di setting.

– Jika ada Router disana, coba matikan router kemudian coba lagi dari clientnya.

By: Aprianto

Iklan

Mei 28, 2007 - Posted by | Cable

1 Komentar »

  1. Weleh mantaps…trims atas infonya…ane jadi bisa belajar dari tulisan Mas Anto ini.
    Salam,
    Kasim

    Komentar oleh Muhammad Kasim | Juni 13, 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: